1. Deskripsi

1.1. Kompetisi ini bertujuan untuk melatih pengetahuan strategi, dan skill programing peserta. Robot Line maze mendapatkan misi mengikuti garis dengan mencapai check point yang telah ditentukan. Penilaiannya adalah point dan waktu.

1.2. Kompetisi berbasis online dengan mekanisme:
1.2.1. Panita akan share info dan rule pada website
1.2.2. Peserta melakukan registrasi secara online
1.2.3.  Peserta menyiapkan tools, robot dan belajar dengan menyesuaikan pada rule perlombaan yang telah dilengkapi dengan panduan, arena, dan lembar contoh project/soal.
1.2.4.  Pada hari perlombaan Panitia akan share soal
1.2.5.  Peserta diberikan batas waktu tertentu untuk mengerjakan. (*menyesuaikan schedule)
1.2.6.  Peserta melakukan penilaian secara online sesuai jadwal yang diinfokan oleh panitia
1.2.7.  Proses dan data penilaian:
1.2.7.1. Secara online panitia akan merekam video pada saat robot berjalan
1.2.7.2. Peserta juga merekam video secara offline dan mengirimkan hasil video kepada Panitia
1.2.7.3. Peserta mengirimkan hasil coding/pemrograman kepada Panitia
1.2.8.  Panitia akan upload hasil penilaian dan pelombaan di website.


2. Syarat dan Ketentuan

2.1. Peserta robot Line Maze tebagi menjadi tiga kategori yaitu SMP/sederajat, SMA/SMK/ sederajat, dan Mahasiswa.

2.2. Satu Tim terdiri maksimal terdiri dari 2 peserta.

2.3. Peserta wajib mengirimkan link video robot maze solving sebagai penilaian tingkat nasional

2.4. Peserta hanya diperbolehkan mendaftar pada satu kategori


3. Spesifikasi Robot

3.1.  Robot diperkenankan menggunakan robot hasil rakitan sendiri atau menggunakan kit robot seperti LEGO, Tamiya, Xline, roborobo, Pololu dll. Jenis kontroler Robot bersifat bebas, baik programming (mikro) maupun non programming (analog).

3.2.  Robot harus dapat bekerja secara otomatis dengan catu daya sendiri berbentuk batery kering. Dilarang menggunakan catu daya dari bahan yang berbahaya.

3.3.  Kontrol langsung oleh para peserta melalui remote (kebel / nirkabel) tidak diperbolehkan.


4. Spesifikasi Arena Robot

4.1.  Alas lapangan terbuat dari PVC Board / MMT Banner. Panitia akan menyediakan file arena di website. Masing-masing peserta bisa download dan cetak arena dengan bahan MMT Banner.

4.2.  Garis pada arena pertandingan berwarna hitam di lantai putih, atau garis putih di lantai hitam.

4.3.  Lebar garis antara 1 – 2 cm.

4.4.  Ketentuan dari jalur arena dan misi akan diumumkan pada hari perlombaan.


5. Peraturan Perlombaan

5.1.  Setiap tim wajib mengikuti sesi penilaian secara online.

5.2.  Perlombaan terdiri dari 3 sesi, yaitu :
5.2.1. Sesi Setup / Pemrograman
5.2.2. Sesi ini peserta diperbolehkan untuk setting, memprogram, dan mencoba robotnya dalam track ujicoba.
5.2.3. Sesi Penilaian
5.2.4. Pada sesi ini juri akan melakukan penilaian terhadap setiap robot secara online. Peserta juga diwajibkan untuk merekam secara offline pada saat dilakukan penilaian.
5.2.5. Sesi Upload
5.2.6. Pada sesi ini peserta akan melakukan upload video ke driveonline/youtube/media online lainnya. Selanjutnya peserta mengirimkan link/address video tersebut kepada panitia, dan mengirimkan coding/hasil program robot yang digunakan pada saat penilaian.

5.3.  Pada saat robot telah berada di atas arena/track (posisi robot standby), robot hanya boleh beroperasi dengan satu kali menekan tombol untuk start.

5.4.  Pada saat robot berjalan untuk penilaian, peserta dilarang untuk menyentuh robot. Jika peserta menyentuh robot, maka robot tim tersebut wajib re-try.

5.5.  Peserta diberikan kesempatan untuk re-try, pada saat re-try, perhitungan waktu terus berjalan.

5.6.  Re-try diberikan atas permintaan peserta terhadap juri/wasit.

5.7.  Robot dinyatakan finish jika robot telah BERHENTI Pada Garis FINISH, Jika tika berhenti maka robot dinyatakan belum finish.

5.8.  Jika waktu penilain yang disediakan telah habis dan robot masih berjalan, maka peserta harus menghentikan robotnya dan akan dinyatakan tidak finish.

5.9.  Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


6. Sistem Penilaian

6.1. Robot mendapatkan nilai dengan cara melewati point – point yang terdapat di arena lomba dengan benar.

6.1. Pemenang ditentukan dengan:
6.2.1. Menjumlahkan poin dan waktu disetiap sesi penilaian
6.2.2. Jika poinnya sama, maka dihitung waktu tercepat.

6.3. Pada saat Retry, maka Nilai/point akan direset(diulang kembali).


7. Pelanggaran / Diskualifikasi

7.1. Peserta tidak mengikuti aturan yang ada pada rule

7.2. Tim yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan nilai 0 (nol /kosong) pada sesi penilaian tersebut.